Total Tayangan Halaman

Kamis, 03 Desember 2015

Strategi sukses di sekolah

Ada enam strategi sukses di sekolah yang ditulis oleh Mahesh Kapadia dalam bukunya Mendongkrak Daya Ingat Untuk Orang Mudah Lupa, antara lain sebagai berikut.
1. Bermimpi indah
Tidur tidak hanya penting untuk mengistirahatkan badan tetapi juga penting bagi proses ingatan. Jika anda mempunyai pekerjaan atau jadwal yang memaksa anda bangun lebih awal mungkin akan berdampak negatif pada ingatan anda.
2. Belajar pada saat otak aktif.
Otak tidak dirancang untuk belajar nonstop. Otak membutuhkan istirahat , otak berganti ganti menyuplai energi bagi bagian otak kanan dan kiri. Proses belajar sebaiknya diselingi dengan istirahat agar otak dapat memproses materi.
3. Ulangi lagi.
Hubungan yang terjadi antarsel otak dalam mempelajari hal baru diperkuat dengan pengulangan untuk menjamin terjadinya hubungan antarsel.
4. Buatlah cadangan.
Sebanyak mungkin dukung ingatan dengan hard copy atau bantuan ingatan eksternal terutama dalam periode periode stres puncak ketika anda harus melakukan banyak hal pada saat bersamaan.
5. Satu jam sehari
Sisihkan waktu setiap hari untuk melatih, menghafal, dan mengkaji kembali materi yang telah anda pelajari. Membagi pelajaran dalam sesi 45 menit selama satu hari akan memberi otak anda waktu istirahat yang cukup untuk mengkonsolidasi pelajaran yang diterima.
6. Katakan apa yang ingin anda ingat.
Semakin sering anda mengolah informasi baru dan menyuarakan, semakin dalam pemahaman yang terbentuk.
Itulah tips agar menjadi pelajar yang handal. Sekian dari saya, ada kurang lebihnya saya mohon maaf.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar