Total Tayangan Halaman

Rabu, 02 Desember 2015

Fasilitas internet

Internet memiliki berbagai fasilitas untuk memdapatkan informasi yang diinginkan dengan cepat dan mudah. Apa saja fasilitas yang dimiliki internet? Secara garis besar internet memiliki banyak fasilitas. Berikut ini fasilitas internet.
A. World Wide Web
WWW merupakan salah satu fasilitas internet yang sangat populer yang berisi database yang bersifat terdistribusi dan dapat digunakan untuk memperoleh informasi. WWW memungkinkan penanganan atau akses yang jauh lebih fleksibel pada file yang diterima. Contoh WWW yaitu www.yahoo.com , www.google.com , www.facebook.com dan lain lain.
B. Elektronik mail.
Fungsi e-mail adalah mengirim atau menerima surat dari dan ke seluruh penjuru dunia tanpa mengenal batas waktu, ruang, dan birokrasi. Surat elektonik banyak digunakan karena mudah galam pengiriman dan cepat dalam penyampaiannya. Email juga dapat mengirim dan menerima file binary. Progam surat elektronik yang popular digunakan adalah Eudora Mail.
C. Mailing list
Fasilitas ini digunakan untuk berkirim surat atau berita ke orang lain. Mailing list merupakan sarana berdiskusi secara elektronik dengan menggunakan email. Dengan menggunakan fasilitas ini, sebuah berita atau file dapat didistribusikan ke seluruh pengguna sekaligus. Bahkan penggunanya dapat melakukan diskusi, ceramah, serta konferensi secara elektronik. Contoh mailing list yaitu Linux, cara daftar : To : Linux-setup-subscribe@linux.or.id.
D. Newsgroup.
Merupakan suatu kelompok diskusi yang tidak menggunakan email. Diskusi dilakukan secara kontak langsung ke lokasi newsgroup.
E. Chatting
Fasilitas ini digunakan untuk berkomunikasi secara langsung dengan orang lain dalam internet. Umumnya fasilitas ini digunakan untuk bercakap cakap di internet. Chatting lebih dikenal dengan IRC.
F. File Transfer Protocol
Merupakan suatu protocol yang digunakan untuk melakukan pengambilan arsip atau file secara elektronik. Klien dapat mengirimkan berkas ke server FTP atau mengambil berkas dari server FTP. Proses mengirimkan berkas disebut upload dan proses mengambil berkas disebut download.
G. Telnet
Merupakan komponen klient yang terdapat pada paket TCP yang berfungsi untuk melakukan login. Fasilitas ini digunakan untuk masuk ke sistem komputer tertentu dan bekerja pada sistem komputer lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar