Total Tayangan Halaman

Selasa, 24 November 2015

Etika dalam pergaulan | Cincinadi

MEMAHAMI ETIKA DAN PRINSIP ETIKA




Etika sering dikaitkan dengan nilai nilai dan norma norma moral yang menjadi pegangan seseorang dalam mengatur tingkah laku. Sebagai sistem nilai, etika berhubungan dengan kebiasaan dan tata cara hidup yang baik, baik bagi dirinya, orang lain, maupun masyarakat. Etika sebagai pedoman, petunjuk, arah dalam menentukan mana perintah yang harus dipatuhi dan larangan yang yang tidak boleh dilanggar. Etika sebagai filsafat moral, etika merupakan cabang ilmu filsafat yang mempelajari nilai nilai yang dianut manusia beserta pembenarannya.


Prinsip Etika Pergaulan
Etika pergaulan berhubungan erat dengan tata susila dan adat istiadat. Ketentuan sopan santun meliputi bidang kehidupan kita sehari hari dan bergantung pada perbedaan adat dan budaya daerah.


 Adapun prinsip etika pergaulan adalah :


1. Hak dan kewajiban
Dalam pergaulan sebaiknya setiap manusia memiliki kesadaran masing masing akan hak dan kewajibannya sebagai mahluk sosial
2. Tertib dan disiplin
Selalu tertib dan disiplin dalam melakukan setiap aktivitas. Disiplin waktu supaya tidak kesulitan dalam membagi waktu yang kita miliki
3. Kesopanan
Senantiasa menjaga sopan santun dengan siapa, di mana, dan kapan kita bergaul.
4. Kesederhanaan
Bersikaplah sederhana dan menurut ajaran agama yang kita anut
5. Kejujuran
Dalam membina suatu pergaulan yang baik harus didasari dengan kejujuran dalam hal apapun
6. Keadilan
Senantiasa bersikap adil dalam bergaul, tidak membeda bedakan teman
7. Cinta kasih
Saling mencintai dan menyayangi teman kita agar terhindar dari permusuhan
8. Suasana dan tempat pergaulan kita
Dalam bergaul harus melihat suasana dan tempat dimana kita bergaul. Hal ini sangat penting dan harus menjadi bahan pertimbangan serta perhatian kita semua.




Itulah secara singkatnya pembahasan tentang etika dan prinsip etika di dalam pergaulan. Semoga ini bisa membantu anda semuanya dan mudah mudahan menjadi sesuatu yang membuat anda menjadi tahu dan paham tentang bab ini. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar